BAGAIMANA CARA UNTUK ASAH MOTORIK KASAR ANAK

BERBAGAI CARA UNTUK ASAH MOTORIK KASAR ANAK

Pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal di pengaruhi oleh berbagai factor, salah satunya motoric kasar. Bagaimana cara menstimulasinya?

Pertumbuhan motorik anak

Menurut Niesa Handayani, S.Psi., PGD., motoric berasal dari kata “Motor” yang merupakan suatu dasar biologis atau mekanika yang menyebabkan terjadinya suatu gerak. Dengan kata lain, perkembangan motoric adalah suatu perubahan kemampuan gerak dari bayi hingga dewasa yang memperlihatkan interaksi positif dari otak, saraf, dan otot.

 

Anak Bermain Motorik kasar

Jenis Perkembangan motorik pada anak anak

 

 

Perkembangan motoric meliputi motoric kasar dan motoric halus.

Motoric kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagaian besar atau seluruh anggota tubuh yang di pengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Contohnya kemampuan duduk, menendang, berlari, naik turun tangga, dan sebagainya.

Motoric halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagai anggota tubuh tertentu, yang di pengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Misalnya, kemampuan memindahkan benda dari tangan, mencorat coret, menyusun balok, menggunting, menulis, dan sebagainya. Kedua kemampuan tersebut sangat penting agar anak bisa berkembang  dengan optimal.

BAGAIMANA MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK

Orangtua tentu ingin ananda mendapatkan perkembangan maksimal atas motorik kasar dan halus anak. Karena dengan pertumbuhan yang optimal, maka masa depan anak menjadi terjamin.

Artikel ini khusus membahas mengenai cara mengembangkan motorik kasar anak dengan optimal, yaitu dengan menstimulus anak melalui berbagai permainan, yang mudah dan tentunya disukai anak.

Sebaiknya, dalam permainan ini , orangtua juga turut berperanserta sehingga hasilnya menjadi maksimal.

JENIS RAGAM PERMAINAN ASAH MOTORIK ANAK

 

Ada 6 jenis permainan yang kami usulkan untuk mengasah motorik anak agar maksimal;

  1. Berlari

Orang tua bisa memberikan kreativitas dengan membuat jalur dengan garis Start dan Finish ataupun rintangan-rintangan kecil. Sehingga memberikan semangat kepada anak seperti dalam perlombaan lari.

 

  1. Bermain Bola

Apapun jenis permainannya sebagai bola sepak, tangkap lempar bola, dan lainnya, bermain dengan bola sangat memberikan pengaruh yang baik bagi sensor motoric kasar anak.

 

  1. Berenang

Kegiatan ini paling banyak di sukai oleh-oleh anak-anak. Sensasi yang di berikan membuat anak gembira ketika berada di kolam renang. Bawalah bola atau jika ada perahu karet dengan dayung dan pelampung yang dapat di pakai anak, lemparkan bola dan biarkan anak yang mengejar bola dengan berenang atau mendayung di atas pelampung yang telah di sediakan.

 

  1. Bermain Sepada Bersama

Ajak anak mengendarai sepada bersama untuk sekedar mengelilingi kompleks rumah atau pergi ke taman bermain dekat rumah. Tugas orang tua hanya membuat rute atau maneuver-manuveryang berbelok-belok agar di ikuti oleh anak dari belakang.

 

  1. Memukul atau Melempar Benda

Misalnya, permainan kasti, berikan tugas kepada anak untuk memukul bola plastic ataupun gumpalan kertas dengan menggunakan botol mineral bekas. Atau pun permainan seperti melempar sasaran seperti bowling.

 

  1. Memecahkan Gelembung

Katakana pada anak untuk memecahkan sebanyak-banyaknya gelembung sabun yang akan orang tua tiup.

PENUHI RASA SAYANG KEPADA ANAK

Hal-hal yang dapat di lakukan dalam rangka mengoptimalkan perkembangan motoric, adalah factor kesehatan dan gizi. Selain itu, kestabilan emosi juga dapat mempengaruhi perkembangan selama ana-anak.

Yang terpenting adalah penumbuhan kasih saying dari orang tua dan lingkungan kasih sayang dari orang tua dan lingkungan sekitar dengan memberikan perhatian serta waktu bermain bersama untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan motoric anak.

  STIMULASI MOTORIK KASAR
Usia batita

(1-3 tahun)

Pada usia batita (1-3 tahun) anak mulai berjalan naik turun tangga dengan bantuan, sudah bisa berdiri dengan satu kaki, melompat, berputar, menangkap bola, dan mengayuh sepeda roda empat dan tiga, meskipun seluruh gerakannya masih belum stabil.
Usia Prasekolah

(4-5 tahun)

Perkembangan motoric kasar anak usia 4-5 tahun sudah dapat naik turun tangga tanpa berpegangan. berjalan dengan ritme kaki yang sempurna, memutar tubuh, melempar dan menangkap bola, menyetir sepeda roda tiga dengan kecepatan cukup dan luwes.

Orang tua harus bersabar dan terus memberikan apresiasi terhadap ketangkapan ini, terlebih ketika anak mulai bosan dengan memerlukan perhatian dari lingkungannya. Keterampilan ini lah yang di sebut sebagai Self-Helf Skill (keterampilan menolong diri sendiri). Dan akan mencapai puncak kesempurnaannya pada usia 6 tahun.

Usia SD (6-9 tahun) Anak akan bertambah jauh melempar bola dan cekatan menagkapnya, mengendarai sepeda dengan bergaya atau bervariasi. Anak sudah mampu mengontrol dan mengoordinasi gerakan anggota tubuhnya seperti tangan dan kaki dengan baik. Otot-otot tangan dan kakinya sudah mulai kuat, sehingga berbagai aktivitas fisik seperti menendang, melompat, melempar, menangkap dan berlari dapat di lakukan secara lebih akurat dan cepat. Anak juga makin mampu menjaga keseimbangan badannya.
Usia Remaja (10-12 tahun) Pada anak usia ini. Ia telah memiliki kemampuan motoric dasar, baik motoric kasar maupun motoric halus sebagai model utama dalam mengikuti berbagai aktivitas di sekolah. Pada usia ini kekuatan otot anak akan berlipat ganda seiring dengan semakin banyaknya jumlah sel otot baru yang terbentuk.

Pada anak laki-laki, sel-sel otot yang baru di bentuk jumlahnya lebih banyak dari pada anak perempuan, sehingga tidak heran kalau anak laki-laki biasanya lebih kuat di bandingkan dengan anak perempuan. Perkembangan mototik kasar kedua kali lebih cepat di bandingkan ketika anak masih berusia 6 tahun.

.

.

.

.

Sumber : Nova, Hilman Hilmansyah, Niesa Handayani, S.Psi., PGD.,

Grosirbajuanak,Grosirbajumurah, Grosirbajumurahbandung, Grosirbajuanakbandung,Grosirbajutanahabang, Grosirbajubayibandung, Grosirbaju Branded bandung, Grosirbajuanakimport,grosirbajumuslim,grosirbajumurah online,

Grosirbajutidur, Grosirbajuanak branded, Grosirbajuanaktanahabang,Grosirbajuanak di pasarandirbandung,Grosirbajuanakmurah di bandung, Grosirbajuanak branded bandung,Grosirbajuanak branded murahbandung, Grosirbajuanakcimahi,Grosirbajubayi,

FANFI FASHION : PUSAT GROSIR BAJU MURAH BANDUNG

Kami menyediakan berbagai baju Branded, baju sisa ekspor, Baju anak impor dan lokal.

Baju Murah dan berkualitas untuk anak dan dewasa.

membuka kerjasama : AGEN, reseller dan dropshipper

Jl. Pondokmas Raya 18, Cimahi Jawa Barat, Indonesia

WA/VIDEO CALL => 0813-2123-8833 / 0812-2373-4994/ 0822-4070-4969

www.fanfifashion.net

www.fanfifashion.co.id

www.instagram.com/fanfifashion

www.shopee.co.id/fanfifashion